PEMBENTUKAN IKASUKA-KIMIA


Sejak tahun 2008 hingga sekarang, Program Studi Kimia UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta telah meluluskan banyak alumni yang tersebar di beberapa daerah. Alumni-alumni tersebut mengabdi pada berbagai lapisan masyarakat dan telah mampu mengaplikasikan ilmu yang mereka peroleh selama kuliah. Beberapa diantaranya
telah bekerja dan berkarir pada institusi pemerintah dan swasta serta merintis karir sebagai entrepreuner. Sebagian lagi melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 dan pendidikan profesi.
Sebagai lulusan kampus yang terus berkembang, karya dan prestasi para alumni Kimia UIN Sunan Kalijaga harus memberi kontribusi besar bagi almamaternya, khususnya bagi peningkatan dan pengembangan kualitas kampus, mahasiswa, dan alumni. Beberapa kampus besar, baik di Indonesia maupun di negara-negara lain dapat menjadi kampus besar yang berkualitas dan disegani berkat peran serta alumni-alumninya baik secara langsung maupun tidak langsung.
Peran ini bisa terlaksana di Prodi Kimia UIN Sunan Kalijaga jika alumni memiliki jaringan silaturahim yang kuat dengan almamaternya, khususnya dengan mahasiswa yang masih aktif, dosen, dan sesama alumni. Jaringan silaturahim tersebut berupa wadah bagi alumni agar dapat berkomunikasi dan bekerjasama secara teratur, terencana, dan penuh kebijaksanaan.
Berdasarkan pertimbangan tersebut, alumni dan mahasiswa Program Studi Kimia UIN Sunan Kalijaga yang tergabung dalam suatu Tim Formatur menyadari pentingnya untuk menghimpun seluruh alumni dalam satu organisasi alumni yang diberi nama IKASUKA – KIMIA (Ikatan Alumni UIN Sunan Kalijaga – Kimia).
IKASUKA – KIMIA akan menjadi organisasi yang mewadahi seluruh lulusan Program Studi Kimia UIN Sunan Kalijaga di seluruh Indonesia. Alumni yang tergabung dalam organisasi ini, secara otomatis akan tergabung sebagai anggota IKASUKA Fakultas Sains dan Teknologi dan IKASUKA Pusat sebagai organisasi induk alumni tingkat Fakultas dan Universitas.

0 komentar: