PELATIHAN DASAR-DASAR KIMIA KOMPUTASI

Sebanyak 24 mahasiswa Kimia UIN Suka mengikuti Pelatihan Dasar-Dasar Kimia Komputasi, Sabtu 8/6/2013 yang diselenggarakan Prodi bekerjasama dengan Ikatan Alumni Kimia UIN Suka. Kegiatan yang mengambil tempat di Laboratorium Terpadu kampus tersebut terbagi 3 sesi. Sesi pertama diisi oleh Didik Krisdiyanto, MSc dengan materi pengantar, Dasar-Dasar Kimia Komputasi.


Dalam pemaparannya, beliau menjelaskan bahwa penelitian berbasis komputer telah berkembang sangat pesat dan memegang peran penting bagi perkembangan sains. “Sains tidak lagi dipelajari hanya berdasarkan penelitian berbasis lab, tapi telah melibatkan perhitungan numerik yang mampu memberi interpretasi akurat untuk setiap objek penelitian, termasuk kimia.” terang Didik dalam presetasinya.

Beliau mengharapkan, mahasiswa kimia lebih rajin mengikuti perkembangan berbagai aplikasi komputer untuk penelitian kimia, sebut saja Chemoffice, Hyperchem, Gaussian, Gamess, NWChem, dan lainnya. “Aplikasi-aplikasi tersebut telah digunakan dalam berbagai bidang penelitian kimia, baik dasar maupun advanced”, jelas beliau menutup materinya.  

Sesi selanjutnya disampaikan oleh Muhaimin, S.Si, dengan materi Excel for Chemist. Masing-masing peserta diberi kesempatan mempraktekkan berbagai fitur Microsoft Excel yang sering dipakai dalam penelitian kimia, sebut saja regresi, data analysis, anova, t-plot, dan lainnya. “Fitur-fitur tersebut merupakan fungsi pengolah data yang sangat bermanfaat bagi penelitian kimia”, terang Muhaimin di akhir sesi.

Sesi terakhir dengan materi ChemOffice disampaikan oleh Nuryanto, SSi. Beliau memulai materi dengan penjelasan tentang fitur-fitur aplikasi tersebut, kemudian memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempraktekkannya.”Chemoffice merupakan aplikasi kimia yang sangat bermanfaat dalam memggambar dan menvisualkan objek kimia, termasuk menentukan sifat molekul dan data struktur” terang Nuryanto.

Salah seorang peserta, Fina Ida, yang mengikuti kegiatan ini menuturkan bahwa materi yang disampaikan memberi mereka pengetahuan dan ketrampilan baru. “Kami memperoleh banyak hal baru, khususnya materi yang belum pernah dipelajari dalam kuliah. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat dilaksanakan lagi dengan materi lain yang lebih baru” ujar Fina.

Didik Krisdiyanto, selaku dosen Prodi Kimia yang menutup kegiatan ini, di akhir acara mengharapkan pengurus Ikasuka-Kimia, kelak dapat bekerjasama lagi dengan Prodi untuk melaksanakan kegiatan serupa atau kegiatan lainnya.” Mudah-mudahan kegiatan ini dapat dilaksanakan lagi dengan materi yang lebih baru dan bermanfaat” ujar Didik menutup acara.

Acara yang dimulai jam 8 pagi hingga 4 sore ini ditutup dengan foto bersama antara panitia, peserta, dan pemateri. Meski tampak lelah, mereka tetap  semangat hingga acara selesai.

0 komentar: