TEMU ALUMNI

Program Studi Kimia bekerjasama dengan Ikatan Alumni Kimia UIN Sunan Kalijaga (IKASUKA-KIMIA) melaksanakan temu alumni dan diskusi rumusan kompetensi Program Studi Kimia UIN Sunan Kalijaga, Sabtu (10/11). Kegiatan tersebut berlangsung di Ruang Teatrikal dan Ruang 102 Fakultas Sains dan Teknologi  UIN Sunan Kalijaga.

Ketua panitia kegiatan tersebut, Khabiburrahman, S.Si. menjelaskan tujuan kegiatan tersebut adalah mempererat hubungan silahturahmi dan memperkuat kerja sama antara IKASUKA-KIMIA sebagai organisasi alumni dengan Program Studi Kimia UIN Sunan Kalijaga.  Selain itu, kegiatan tersebut diharapkan menjadi wadah diskusi anatara alumni dan civitas akademik Prodi Kimia UIN Sunan Kalijaga untuk mereview rumusan kompetensi lulusan Program Studi Kimia UIN Sunan Kalijaga yang akan diimplementasikan dalam review kurikulum tahun 2013.
Acara temu alumni ini diawali dengan pembukaan di Ruang Teatrikal , kemudian dilanjutkan kegiatan diskusi di Ruang 102. Kegiatan diskusi dimulai dengan pemaparan Ibu Imelda Fajriati, M.Si. mengenai rencana dan pola pengembangan Kurikulum Program Studi Kimia UIN Sunan Kalijaga. Beliau menyampaikan bahwa pola pengembangan kurikulum Prodi Kimia harus disesuiakan dengan kebutuhan masyarakat, yakni kurikulum yang mampu mencetak Sarjana Kimia dengan kompetensi yang sesuai dengan tuntutan kerja. Kurikulum demikian dapat dirumuskan dengan melibatkan berbagai pihak, antara lain mahasiswa, alumni, dosen, dan masyarakat pengguna alumni. Untuk tujuan tersebut, beliau mengharapkan alumni berperan aktif dalam memberi masukan dan saran sehingga Program Studi Kimia dapat merumuskan kurikulum dengan baik.
Harapan Ibu Imelda Fajriati, M.Si. disambut baik dengan pemaparan yang disampaikan oleh Moh. Rusdi, S.Si selaku Wakil Ketua IKASUKA-KIMIA. Beliau menyampaikan beberapa kendala yang dihadapi alumni, antara lain persaingan dunia kerja yang sangat ketat, kemampuan softskill seperti kemampuan bahasa asing dan teknologi informasi yang lemah, mental alumni yang bergantung pada lowongan kerja, serta akreditasi kampus yang belum mendukung akses kerja alumni.
Kesulitan dan kendala yang dihadapi tersebut harus diatasi dengan perubahan kurikulum dan berbagai kegiatan akademik yang mendukung. Sigit Hartanto Purnumo, S.Si., salah seorang alumni yang hadir mengharapkan Prodi Kimia menyediahkan kuliah Kewirausahaan Kimi untuk mahasiswa. Kuliah semacam ini memberikan wawasan dan keterampilan bagi mahasiswa agar kelak setelah lulus dapat menciptakan lapangan kerja dan tidak bergantung pada lowongan kerja.
Selain itu, Alfi Haradi Iskandar, S.Si., salah seorang alumni yang hadir pada acara tersebut mengharapkan kerjasama atas asas kekeluargaan antaralumni, yakni saling membantu dalam memulai dan mengembangkan karir. Kerjasama tersebut dapat diwujudkan dalam bentuk penyediaan dan penyebarluasaan informasi kerja dan peluang usaha. Secara tersirat, pesan tersebut disampaikan kepada Divisi Pengembangan Karir IKASUKA-KIMIA dan Prodi Kimia UIN Sunan Kalijaga.
Harapan berbeda disampaikan oleh Sudarlin, M.Si, salah seorang alumni yang juga hadir pada acara tersebut. Beliau mengharapkan Program studi kimia memberikan kesempatan kepada alumni untuk mengawasi pelaksanaan kurikulum. Wujud pengawasan tersebut dapat dilakukan dengan melaksanakan beberapa kegiatan akademik yang melibatkan alumni.
Acara ditutup dengan istirahat dan foto bersama. Beberapa alumni hadir bersama dengan keluarga sehingga kegiatan berlangsung dengan sangat akrab. Acara istirahat diselingi dengan berbagi cerita antaralumni yang diselingi dengan tawa kekeluargaan.

0 komentar: