WORKSHOP KARYA ILMIAH


IKASUKA KIMIA (Ikatan Alumni Kimia UIN Sunan Kalijaga) menyelenggarakan workshop penulisan karya ilmiah untuk mahasiswa Program Studi Kimia UIN Sunan Kalijaga di tearikal Fakultas Saintek UIN Sunan Kalijaga, Sabtu (10/11). Kegiatan yang bertajuk “Idemu, Tulislah!, bertujuan
untuk melatih mahasiswa agar mampu  menemukan, memahami, dan menyampaikan fakta-fakta sains kepada masyarakat, khususnya fakta sains kimia secara ilmiah dan objektif.
Pemateri pada kegiatan ini, Bapak Feris Firdaus, M.Sc., memulai materi workshop dengan menjelaskan karakteristik karya ilmiah yang baik. Menurut beliau, karya ilmiah yang baik harus bersifat unik dan menarik.  Caranya dengan membuat  judul yang mengesankan dan agak “bombastis” sehingga menjadikan pembaca penasaran untuk membaca dan menyimak isi karya ilmiah. Namun, beliau menekankan agar tidak hanya fokus pada judul lalu mengabaikan isi, karena selain dua syarat tersebut, syarat yang lain adalah karya ilmiah harus bernilai tinggi.
Selain menjelaskan cara penulisan karya ilmiah yang baik, beliau juga memberikan beberapa contoh bidang penelitian sains yang potensial dikembangkan di Indonesia. Beberapa bidang penelitian tersebut adalah bidang Ketahanan Pangan, Teknologi Kesehatan dan Obat-obatan, Energi Baru dan Terbarukan, Teknologi dan Manajemen Transportasi, Teknologi Komunikasi dan Informasi, Teknologi Pertahanan dan Keamanan, Teknologi Material, Sains Dasar, serta  Sosial Kemanusiaan. Beliau mengharapkan mahasiswa Kimia UIN Sunan Kalijaga berusaha mengembangkan potensi diri masing-masing untuk melakukan penelitian pada bidang-bidang tersebut.
Nailal Muna, salah seorang seorang mahasiswa Kimia UIN Sunan Kalijaga yang mengikuti kegiatan tersebut mengaku sangat terkesan dengan materi workshop. “Kami semakin termotivasi menyelesaikan penelitian kami yang saat ini dibiayai oleh Program Studi Kimia. Mudah-mudahn bersama dengan teman-teman yang lain, kami mampua menghasilkan karya ilmiah berkualitas sebagaimana disampaikan oleh pemateri pada acara workshop tersebut”, kata Nailal.
Hal senada diutarakan pula oleh Bapak Nanang Zudi Santosa, S.Si. selaku Ketua Umum IKASUKA KIMIA. Beliau mengharapkan kegiatan serupa dapat dilaksanakan lagi agar adik-adik mahasiswa semakin semangat dan terlatih dalam menghasilkan karya ilmiah. Beliau mengapresiasi dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada rekan-rekan panitia, khususnya saudara Khabiburrahman, S.Si. selaku ketua panitia yang telah mempersiapkan kegiatan tersebut secara baik.
Kegiatan tersebut diikuti oleh 113 mahasiswa dan dibuka oleh Ketua Program Studi Kimia UIN Sunan Kalijaga, Ibu Esti Wahyu Widowati, M.Si., M.Biotech. Dalam sambutannya, beliau berterima kasih atas peran serta IKASUKA KIMIA dalam pengembangan mutu Program Studi Kimia UIN Sunan Kalijaga melalui berbagai kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan.

0 komentar: